Masalah Yang Sering Ditanyakan Warga

by Share Tweet

Ini adalah beberapa hal yang sering ditanyakan warga, semoga bisa terus kami kumpulkan hal yang sering ditanyakan warga dan berusaha untuk mencoba mencari jawabannya melalui liputan-liputan yang kami lakukan, silahkan klik tautan yang diberikan dibawah untuk menemukan jawabannya :

#1. TENTANG JAKASAMPURNA

Seperti apa Profil Kelurahan Jakasampurna, berapa jumlah penduduknya, berapa RW/RT ?

JAWABAN
Kami telah membuatkan profil singkat kelurahan Jakasampurna yang berisikan Peta Wilayah, jumlah penduduk, batas wilayah, jumlah rumah ibadah yang dapat dilihat halaman ini PROFIL JAKASAMPURNA

#2. TENTANG PUSKESMAS RAWA TEMBAGA

Seperti apa Profil Puskesmas Jakasampurna ?

JAWABAN

Puskesmas yang menangani wilayah Kelurahan Jakasampurna bernama Puskesmas Rawa Tembaga, adalah salah satu UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) dari 39 puskesmas yang ada di Kota Bekasi yang beralamat di Jl. Komodo Raya No. 1 Perumnas I, yang dipimpin oleh Kepala Puskesmas drg OOM KAROMAH.

Informasi lengkapnya dapat dibaca di Profil Puskesmas Rawa Tembaga

#3. TENTANG KARTU SEHAT BEKASI

A. Bagaimana cara mendaftarakan atau mendapatkan Kartu Sehat Bekasi ?

JAWABAN
Kami telah berkonsultasi dengan pihak kelurahan hingga ke tingkat walikota, info tentang ini bisa dibaca pada halaman Prosedur Mendapatkan Kartu Sehat Bekasi Secara Kolektif.

Didalam halaman tersebut Anda juga dapat menemukan daftar rumah sakit yang dapat menerima pasien yang menggunakan Kartu Sehat Bekasi.

B. Bagaimana cara memperpanjang Kartu Sehat Bekasi , hingga kapan masa berlakukanya, apakah ada limit claim, kelas berapa yang dapat dicover ? 

JAWABAN
Dalam acara “KONSULTASI PEMBANGUNAN ANTARA MASYARAKAT DENGAN PIMPINAN KOTA BEKASI 2017” yang diselenggarakan di Kecamatan Bekasi Barat, kami mendapatkan jawaban resmi langsung dari Walikota Bekasi, bahwa Kartu Sehat Bekasi akan otomatis diperpanjang hingga 31 Desember 2018, informasi lengkapnya bisa dibaca di halaman Cara Perpanjangan Kartu Sehat Bekasi & Masa Berlakunya

C. Apakah Kartu Sehat Bekasi itu benar-benar bisa digunakan ?

JAWABAN
Tim jakasampurna.com seringkali meliput pendistribusian Kartu Sehat Bekasi ini langsung kepada warga, termasuk meliput saat diruang perawatan rumah sakit, ke menajamen rumah sakit untuk masalah administrasi claim, hingga kembali kerumah. Informasi ini bisa dibaca pada berita-berita yang telah kami liput dibawah ini

D. Mengapa Kartu Sehat saya belum jadi-jadi juga ?

JAWABAN
Terkait dengan pertanyaan ini, kami telah mendapatkan jawabannya pada saat liputan pada hari Selasa, 7 November 2017 saat Pemerintah Kota Bekasi menggelar pertemuan “Konsultasi Pembangunan Antara Masyarakat Dengan Pimpinan Daerah Kota Bekasi Tahun 2017”

SIlahkan disimak jawabannya pada tulisan Isyu Penting Yang Dibahas Dalam Konsultasi Antara Masyarakat Dengan Pimpinan Kota Bekasi

E. Bagaimana jika Kartu Sehat Bekasi saya belum jadi tapi saya memerlukannya ?

JAWABAN
Anda dapat menghubungi Call Center Bekasi di 1500444 kemudian meminta kepada operator untuk membuatkan SURAT JAMINAN PERAWATAN DARI DINAS KESEHATAN agar bisa digunakan sebagai fasilitas berobat gratis di rumah sakit yagn telah ditunjuk.

Silahkan disimak jawaban lengkapnya di tulisan ini di point ke 6, Isyu Penting Yang Dibahas Dalam Konsultasi Antara Masyarakat Dengan Pimpinan Kota Bekasi

F. Mengapa di belakang Kartu Sehat saya tidak ada daftar keluarga saya  ?

JAWABAN
Sistem yang digunakan untuk Kartu Sehat Bekasi ini berbasis NIK, artinya semua warga yang telah memiliki atau merekam data e-KTP yang bisa mendapatkan Kartu Sehat, dan bagi yang belum dapat segera melakukan perekaman e-KTP di kecamatan masing-masing

Jika terjadi Kartu Sehat  tidak yang terbit tidak mencantumkan data keluarga (yang seharusnya ada dibalik kartu sehat), maka segeralah berkonsultasi ke DISDUKCAPIL (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) yang berlokasi JL. IR. H. JUANDA NO 100 SMS CENTER. +62 812 9000 4110  (situs resmi http://disdukcapil.bekasikota.go.id/) (Atau Hubungi Call Center Kota Bekasi 1500-444 untuk cari tau tentang ini) karena kemungkinan data yang ada dalam sistem tidak sesuai dengan data yang ada dalam fisik/printout Kartu Keluarga, biasanya ini masih menggunakan KK versi lama.

Dengan berkonsultasi ke DIDSUKCASPIL nanti akan mendapatkan jawaban apakah harus membuat Kartu Keluarga baru dengan data yang akurat atau mungkin akan diberikan petunjuk lainnnya untuk solusi masalh tersebut

#G. Saya sudah coba mengurus Kartu Sehat tapi Kartu Sehat dikatakan tidak bisa diterbitkan

JAWABAN
Mirip dengan jawaban pada poin F diatas, kemungkinan penyebabnya adalah data di fisik Kartu Keluarga dan data yang ada dalam sistem berbeda, misalnya Kartu Keluarga Fulan awalnya tercantum anak bernama Fulanah, lalu Fulanah menikah dan memiliki Kartu Keluarga baru, sementara Fulan orang tuanya tidak melakukan update Kartu Keluarganya.

Maka yang terjadi adalah, nama Fulanah akan berada di 2 (dua)kartu keluarga, yaitu di Kartu Keluarga atas namanya sendiri (Fulanah) dan di Kartu Keluarga atas nama orang tuanya (Fulan).

Itulah salah satu kemungkinan penyebab mengapa Kartu Sehat tidak dapat terbit.

Dalam hal ini berksonsultasilah ke DISDUKCAPIL untuk melaporkan permasalahan itu, agar dapat diberikan solusi, apakah harus membuat Kartu Keluarga baru atau ada solusi lainnya.

#H. Apakah Kartu Sehat Bekasi bisa digunakan untuk persalinan normatl ?

JAWABAN
Terkait dengan pertanyaan tersebut, kami pernah mengkonsultasikannya dengan Kepala Dinas Kesehatan, silahkan temukan jawabannya dalam artikel “Bisakah Kartu Sehat Digunakan Untuk Biaya Persalinan Gratis di Rumah Sakit ?

#I. Apakah Kartu Sehat Bekasi bisa untuk tambal gigi atau periksa gigi ?

JAWABAN
Terkait dengan pertanyaan tersebut, kami pernah mengkonsultasikannya dengan Kepala Dinas Kesehatan, silahkan temukan jawabannya dalam artikel “Tambal Gigi, Cabut Gigi, Apakah Bisa Menggunakan Kartu Sehat Bekasi ?”

#J. Apakah Kartu Sehat perlu aktivasi ?

JAWABAN
Terkait dengan pertanyaan tersebut, Pemerintah Kota Bekasi telah mengirimkan edaran resmi No 440/130/DINKES kepada seluruh Rumah Sakit Swasta yang bekerjasama dengan Jamkesda tentang “JAMINAN KESEHATAN BAGI PEMEGANG KARTU SEHAT BERBASIS NIK TAHUN 2018”

Info lengkapnya dapat disimak dalam artikel ini “Penting : Kartu Sehat Bekasi Kini Tanpa Perlu Aktivasi

#K. Setelah Operasi Caesar, Apakah Bayi Otomatis Tercover Fasilitas Kartu Bekasi Sehat ? ?

JAWABAN

Terkait dengan pertanyaan tersebut, tim jakasampurna.com langsung menanyakan kepada Dinas Kesehatan Kota Bekasi dan jawabannya dapat di baca dalam tulisan “Setelah Operasi Caesar, Apakah Bayi Otomatis Tercover Fasilitas Kartu Bekasi Sehat ?

#4. RUTILAHU (Rumah Tidak Layak Huni)

A. Apakah untuk mengajukan program RUTILAHU (Rumah Tidak Layak Huni) harus memiliki sertifikat tanah ?

JAWABAN
Terkait pertanyaan tersebut, pada saat acara “Konsultasi Pembangunan Antara Masyarakat Dengan Pimpinan Daerah Kota Bekasi Tahun 2017” yang diselenggarakan di Kecamatan Bekasi Barat pada 7 Nov 2017, Kepala Dinas DISPERKIMTAN (Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan) Kota Bekasi Bp. Dr. Dadang Ginanjar Samsupraja, M.AP menjawab pertanyaan tersebut, bahwa untuk mengusulkan program RUTILAHU itu tidak memerlukan adanya sertifikat tanah, info selengkapnya bisa disimak pada tulisan Kadis Disperkimtan : Syarat Program RUTILAHU Tidak Perlu Sertifikat Tanah

Saat ini kami sedang mengumpulkan apa yang sering ditanyakan warga, dan akan kami sajikan secara berkala sesuai apa yang dapat dan kami resume.

Jika ada pertanyaan yang Anda tanyakan khususnya seputar masalah administrasi atau hal lain yang berada di Kelurahan Jakasampurna, silahkan kirimkan melalui email info@jakasampurna,com, kami akan bantu menemukan jawabannya